-->



Cloud  Computing  yang  dalam  pengertian  bahasa  Indonesia  diterjemahkan  menjadi komputasi awan, beberapa tahun terakhir ini telah menjadi ― Hot  word  di dunia  teknologi informasi  (TI).  Seluruh  nama  besar  seperti  IBM,  Microsoft,  Google,  dan  Apple,  saat  ini sedang  terlibat  dalam  peperang an  untuk  menjadi  penguasa  terbesar  terhadap  awan  ini. Tentu  saja  masing  -  masing  mengeluarkan  jurusnya  sendiri-  sendiri  IBM   di   paruh   akhir tahun  2009  kemarin  telah  meluncurkan  LotusLive,  layanan  kolaborasi berbasis cloud.
Microsoft,  yang  sekarang  di  perkuat  oleh  Ray  Ozzie  sebagai    Chief  Software  Architect pengganti Bill  Gates,  menggadang Windows  Azure,  sistem  operasi berbasis  cloud  yang  akan menjadi masa depan Windows OS.

Apple mengambil sisi lain, telah menyediakan layanan Mobile Me yang memungkinkan  pengguna produk  Mac,  untuk  melakukan  sinkronisasi  data  ke  Dalam cloud.  Sementara  google  raksasa  yang lahir di  era internet  sudah  sejak  lama memberikan suatu layanan yang dikenal dengan nama   “Google Docs”. Dengan layanan ini memungkinkan  user  dapat  membuat  dokumen  atau  dapat  bekerja  kerja  dengan  spread sheet secara  online  tanpa perlu menginstall software di PC atau Notebook.
Bahkan  goole  juga  meluncurkan  system  operasi  cloud  -  nya,  yang  sistem  operasi alternative  dari  system  operasi  yang  sudah  ada,  yang  mungkin  juga  menjadi ancaman serius bagi penyedia sistem operasi.

DEFINISI CLOUD COMPUTING :
- Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet, Internet Cloud adalah suatu model komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan, sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet
- Cloud Computing adalah suatu konsep umum yg mencakup SAAS ( software as aservice ), dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas dengan tema umum berupa kebutuhan komputasi pengguna
- Cloud Computing adalah teknologi yang menggunakan internet dan server pusat yang jauh untuk menjaga/mengelola data dan aplikasi
- Cloud Computing secara sederhana dapat didefenisikan adalah layanan teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan atau di akses oleh pelanggannya melalui jaringan internet
- Cloud Computing bisa diartikan sebagai suatu model yang memungkinkan jaringan dapat diakses dengan mudah sesuai kebutuhan di berbagai lokasi dimana model ini memungkinkan untuk mengumpulkan sumber daya komputasi seperti nerwork server, storage, aplikasi dan services dalam satu wadah
- Permanen tersimpan di server ( di internet ) dan tersimpan secara sementara di computer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, computer tablet


Sebagaimana telah dijelaskan pada defenisi di atas bahwa Cloud Computing adalah layanan teknologi informasi yang di manfaatkan melalui jaringan Internet, namun  tidak semua layanan yang ada di Internet dapat dikategorikan sebagai layanan Cloud Computing. Ada pun beberapa syarat yang harus dipenuhi agar layanan yang ada di Internet dikatakan sebagai layanan Cloud Computing ?

1. Layanan Bersifat  " ON DEMAND " pengguna dapat berlangganan hanya yang dia butuhkan saja, dan membayar hanya untuk yang mereka gunakan saja. Misalkan sebuah internet service provider menyediakan 5 macam pilihan atau paket-paket internet dan user hanya mengambil 1 paket internet, maka user hanya membayar paket yang diambil saja.

2. Layanan bersifat elastis/scalable, dimana pengguna bisa menambah atau mengurangi jenis dan kapasitas layanan yang dia inginkan kapan saja dan sistem selalu bisa mengakomodasi perubahan tersebut, misalkan user berlangganan internet pada yang bandwithnya 512 Kb/s lalu ingin menambahkan kecepatan nya menjadi 1Mb/s kemudian user menelpon costumer services meminta untuk penambahan bandwith, lalu costumer services merespon dengan mengubah bandwith menjadi 1Mb/s.

3. Layanan sepenuhnya dikelola oleh penyedia/provider yang dibutuhkan oleh pengguna hanyalah komputer personal/notebook ditambahkan koneksi internet.

4. Sumber Daya Terkelompok
Penyedia layanan Cloud Computing memberikan layanan melalui sumber daya yang dikelompokkan di suatu atau berbagai lokasi data center yang terdiri dari sejumlah server dengan mekanisme multi-tenant.

5. Akses Pita Lebar
Layanan yang terhubung melalui jaringan pita lebar, terutama dapat diakses secara memadai melalui jaringan internet.


EmoticonEmoticon